Content Creator

Total Konten 15

Artikel 15

Dampak Naiknya Minyak, Harga Makanan Siap Meroket

Oleh Lukman Hqeem  |  28/10/2021 09.40

Potensi dampak lanjutan dari kenaikan harga bahan bakar akan dirasakan oleh industri lain. Sebagaimana diketahui, bahwa harga minyak terus naik ke titik tertinggi sepanjang masa. Ini menimbulkan konsekuensi bahwa perusahaan akan kesulitan mempertahankan biaya produksi mereka dan ini menimbulkan potensi pengalihan beban kepada konsumen kapan saja dari sekarang.

Sejumlah pembatasan produksi dan lonjakan permintaan yang tidak terimbangi dengan pasokan, membuat harga minyak terus meroket di tahun ini. Para anggota OPEC+ berusaha mempertahankan komitmen untuk melakukan pembatasan produksi selama paruh pertama tahun 2021. Meski kemudian beberapa negara meningkatkan kapasitas produksinya, namun masih sulit untuk mencapai target OPEC. industri minyak dan gas mereka, yang berarti kekurangan global terus berlanjut.

Melihat harga bensin selama 20 tahun terakhir, Anda dapat melihat bahwa rata-rata global telah berlipat ganda, dari $0,60 per liter pada tahun 2001 menjadi $1,20 per liter hari ini. Tahun ini, khususnya, peningkatan permintaan karena ekonomi dibuka kembali setelah lebih dari satu tahun pembatasan, ditambah dengan kekurangan pasokan di sebagian besar dunia, berarti harga mendekati level tertinggi sepanjang masa.

Tampaknya tren tersebut belum berakhir, dengan para ahli menyarankan bahwa pengendara di seluruh Eropa dan Asia dapat mengharapkan biaya bensin dan solar yang tinggi hingga bulan-bulan musim dingin karena patokan Brent tetap sekitar $85 per barel; permintaan bahan bakar meningkat; dan pajak bahan bakar motor di negara-negara seperti India, Prancis, dan Inggris tetap berada di kisaran 60 persen dari harga eceran bensin dan solar.

Selain kenaikan harga bahan bakar, kami melihat biaya makanan dan minuman meningkat, dengan harga makanan rata-rata mencapai tinggi satu dekade dan menelan biaya sekitar sepertiga lebih banyak pada September ini daripada yang lalu. Biaya bahan bakar tidak dapat disalahkan sebagai satu-satunya katalis dalam kenaikan harga pangan, karena panen terkena cuaca panas dan pembatasan Covid, peningkatan permintaan global – dengan musim dingin 2020 yang sangat dingin dan musim panas 2021 yang sangat panas, dan gangguan dalam rantai pasokan, juga menyalahkan. Tetapi jika biaya transportasi dan pertanian terus meningkat, tagihan makanan kita kemungkinan akan terus meningkat.

Kavita Chacko, ekonom senior di CARE Ratings di India menjelaskan, "Harga bahan bakar yang tinggi memberikan tekanan pada tingkat harga secara keseluruhan dan menimbulkan risiko penurunan bagi pemulihan mobilitas dan ekonomi secara umum." Selain itu, "Kenaikan biaya transportasi telah memberi makan biaya di seluruh segmen dan bisa menjadi peredam belanja konsumen," katanya.

Dengan globalisasi yang berarti makanan kita tidak lagi berasal dari pertanian lokal tetapi sebagian besar dikirim ke seluruh dunia, serta kenaikan harga pupuk, rantai pasokan makanan mengalami kesulitan untuk mempertahankan harga yang stabil.

Abdolreza Abbassian, Ekonom Senior di Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB mengatakan kepada Bloomberg, "Kombinasi dari hal-hal inilah yang mulai menjadi sangat mengkhawatirkan," "Bukan hanya angka harga pangan yang terisolasi, tetapi semuanya bersama-sama. Saya tidak berpikir siapa pun dua atau tiga bulan lalu mengharapkan harga energi menjadi sekuat ini.”

Tetapi rantai pasokan makanan bukanlah satu-satunya hal yang harus kita khawatirkan terkait dampak langsung dari harga minyak yang tinggi. Setiap industri yang bergantung pada minyak untuk bahan bakar, pupuk, petrokimia, atau sejumlah produk terkait lainnya akan merasakan kesulitan dalam beberapa bulan mendatang, jika belum. Ini berarti biaya banyak produk rumah tangga dan pengeluaran pokok kita bisa segera meningkat.

Bom waktu yang berdetak ini telah membuat Tom Kloza, kepala analisis energi global IHSMarkit, menyatakan, “setiap sudut dan celah ekonomi” dapat terpengaruh. “Segala sesuatu yang bergerak cenderung bergerak lintas negara dengan truk atau kereta api, jadi kami melihat tahun yang lebih mahal untuk itu.”

Pada dasarnya, apa pun yang digunakan pada transportasi barang dan industri apa pun yang bergantung pada bahan bakar atau petrokimia kemungkinan akan terpengaruh oleh kenaikan harga minyak yang sedang berlangsung. Sementara konsumen khawatir tentang harga bensin dan solar saat ini, ini hanyalah puncak gunung es.

Sekali lagi, yang paling terpukul adalah mereka yang tinggal di negara berkembang yang masih berjuang untuk pulih dari dampak pandemi. Dengan pemulihan ekonomi yang tidak merata, karena angka peluncuran vaksin yang rendah dan pembatasan Covid yang perlu dilanjutkan di beberapa negara berpenghasilan rendah, harga bahan bakar yang tinggi dan efek limpahan pada industri lain, terutama makanan, dapat membuat pemerintah harus memberikan rangsangan ekonomi kepada yang termiskin. penduduk, serta memberlakukan batasan harga pada bahan bakar.

Satu hal yang pasti, itu akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik. Mereka yang bekerja di pertanian dan industri sudah terkena dampaknya dan hanya masalah waktu sampai beban harga ini dialihkan ke konsumen, tidak hanya di pompa tetapi di seluruh aspek bidang kehidupan kita sehari-hari.

Share

Opini Lain Penulis & Analisis

  • Perdagangan Komoditi, Peluang dan Tantangan
    Oleh Lukman Hqeem  |  28/03/2022 11.22

    Komoditas seperti bijih besi, minyak mentah, dan logam mulia adalah bahan mentah yang menggerakkan ekonomi global. Mereka menawarkan peluang unik bagi investor untuk mendapat untung

  • Pola Wedge (7)
    Oleh Lukman Hqeem  |  01/02/2022 14.48

    Pola grafik wedge merupakan salah satu pola grafik yang sangat populer di kalangan para trader. Hal ini karena polanya mudah diidentifikasi, dan memiliki proyeksi harga yang mudah terwujud.

  • Trading Sebagai Pekerjaan Sampingan
    Oleh Lukman Hqeem  |  31/01/2022 09.31

    Belajar soal trading biasanya memerlukan beberapa tahun. Tentu saja ini tidak mutlak, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung kepada kondisi dan kemampuan seseorang dalam belajar.

  • 8 Jurus Memulai Trading
    Oleh Lukman Hqeem  |  19/01/2022 17.35

    jika investor dapat memprediksi kapan pasar akan naik dan turun, mereka dapat melakukan perdagangan untuk mengubah pergerakan pasar itu menjadi keuntungan.

  • Membangun Mindset Seorang Trader Pro
    Oleh Lukman Hqeem  |  18/01/2022 13.34

    Ada sejumlah prinsip dari trader professional ini yang dapat menjadi pedoman bahkan oleh pialang ritel sekalipun dengan ukuran akun yang tidak signifikan.

  • Pola Cup & Handle (6)
    Oleh Lukman Hqeem  |  10/01/2022 19.10

    Pola Cup & Handle (Cangkir dan Gagang, CH) merupakan indikator teknis yang bentuknya menyerupai cangkir dengan pegangannya.

  • Pola Rounding Buttom (5)
    Oleh Lukman Hqeem  |  01/11/2021 17.55

    Dasar pola grafik Rounding Buttom diidentifikasi oleh serangkaian pergerakan harga yang secara grafis membentuk bentuk "U".

  • Pola Double Bottom (4)
    Oleh Lukman Hqeem  |  25/10/2021 11.34

    Dengan pola ini, diharapkan selanjutnya pasar akab bergerak bullish. Sebuah tren inversif sebagai akibat dari tren turun yang diikuti oleh rentang perdagangan

  • Pola Double Top (3)
    Oleh Lukman Hqeem  |  22/10/2021 16.17

    Double top adalah salah satu pola grafik yang digunakan para pialang untuk menyoroti terjadinya pembalikan tren.

Tampilkan artikel lainnya

Sentimen

Back

Login  Market Insight Account

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada nasabah kami, termasuk Studi Teknis & Sentimen

Lupa kata sandi ?


Apakah Anda tidak memiliki akun Market Insight? Dengan beberapa langkah mudah, Anda dapat dengan mudah mendaftar

Buat Akun Market Insight

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada pelanggan kami termasuk Studi Teknis kami & Sentimen untuk akun Anda.

register_ty

Terima kasih

Selamat Datang Di Market Insight family!

Anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran.
Kami akan mengirimi Anda email untuk memberi Anda
instruksi dan Syarat dan Ketentuan kami!
Perwakilan akun kami akan menghubungi Anda sebagai
secepatnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut
jangan ragu untuk mengirimkan email kepada kami melalui info@marketinsight.com

uyari

Peringatan!

Silahkan Hubungi Customer Respentative anda untuk mengaktifkan