Content Creator

Total Konten 15

Artikel 15

Pola Rounding Buttom (5)

Oleh Lukman Hqeem  |  01/11/2021 17.55

Dasar pola grafik Rounding Buttom (pembulatan ke bawah) yang digunakan dalam analisis teknis berikut ini diidentifikasi oleh serangkaian pergerakan harga yang secara grafis membentuk bentuk "U". Dasar pembulatan ditemukan di akhir tren turun yang diperpanjang dan menandakan pembalikan dalam pergerakan harga jangka panjang. Pola grafik ini menandakan kelanjutan atau pembalikan sebuah tren. Misalnya, selama tren naik, harga aset mungkin turun sedikit sebelum naik lagi. Ini akan menjadi kelanjutan bullish.

Contoh rounding buttom menunjukkan bullish reversal adalah jika harga aset berada dalam tren turun dan dasar pembulatan terbentuk sebelum tren berbalik dan memasuki uptrend bullish. Trader akan berusaha untuk memanfaatkan pola ini dengan membeli setengah jalan di sekitar bagian bawah, pada titik terendah, dan memanfaatkan kelanjutan setelah menembus di atas level resistance.

Untuk menggunakan pola ini dalam perdagangan, kita harus menarik garis melintasi bagian atas tren bearish dan tren bullish sebelum breakout terjadi. Kemudian ambil jarak antara garis leher dan titik terendah dari pola. Jarak ini adalah ukuran pola dasar pembulatan.

Ada penembusan harga dari garis leher ke arah yang berlawanan. Masuki pasar ketika garis leher polanya rusak. Carilah penutupan candle di bawah (untuk rounded top) garis leher. Stop loss ditempatkan di atas garis leher saat memperdagangkan bagian atas yang dibulatkan.

Perlu diperhatikan disini bahwa volume perdagangan menjadi indikator kunci untuk mengidentifikasi dan memvalidasi pola dasar pembulatan. Pola akan dimulai dengan volume yang lebih tinggi karena saham mengalami penurunan terakhir yang lebih rendah. Peristiwa volume tinggi ini kemudian diikuti dengan volume yang lebih rendah karena saham berkonsolidasi dalam suatu kisaran. Terakhir, volume akan mulai meningkat lagi saat saham mulai bergerak naik lebih tinggi.

indikator volume biasanya ditampilkan di bagian bawah grafik. Volume tinggi di awal, rata di tengah dan volume meningkat saat keluar. Metode sederhana ini digunakan untuk memvalidasi pola secara visual adalah dengan menggambar garis yang menghubungkan bagian atas indikator volume untuk setiap periode harga.

Potensi grafik pola rounding bottom adalah bullish. Setelah tren beralih dari bearish ke bullish, ekspektasi harga akan terus naik lebih tinggi. Tetapi pertanyaan yang kita semua ingin jawab adalah, seberapa tinggi? Jawaban sederhananya adalah pergerakan yang lebih tinggi akan setidaknya sebesar formasi rounding bottom.

Untuk mengukur potensi dasar pembulatan Anda, pertama-tama Anda harus mengidentifikasi garis leher pola. Untuk melakukan ini, Anda harus menarik garis melintasi bagian atas tren bearish dan tren bullish sebelum breakout terjadi. Kemudian ambil jarak antara garis leher dan titik terendah dari pola. Jarak ini adalah ukuran pola dasar pembulatan. Ketika aksi harga menembus garis leher, Anda harus membuka posisi beli.

Hal yang baik tentang pola dasar pembulatan adalah bahwa meskipun membutuhkan waktu lama untuk berkembang, ia memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Memang benar bahwa hal-hal baik akan datang kepada mereka yang sabar menunggu!

Share

Opini Lain Penulis & Analisis

  • Perdagangan Komoditi, Peluang dan Tantangan
    Oleh Lukman Hqeem  |  28/03/2022 11.22

    Komoditas seperti bijih besi, minyak mentah, dan logam mulia adalah bahan mentah yang menggerakkan ekonomi global. Mereka menawarkan peluang unik bagi investor untuk mendapat untung

  • Pola Wedge (7)
    Oleh Lukman Hqeem  |  01/02/2022 14.48

    Pola grafik wedge merupakan salah satu pola grafik yang sangat populer di kalangan para trader. Hal ini karena polanya mudah diidentifikasi, dan memiliki proyeksi harga yang mudah terwujud.

  • Trading Sebagai Pekerjaan Sampingan
    Oleh Lukman Hqeem  |  31/01/2022 09.31

    Belajar soal trading biasanya memerlukan beberapa tahun. Tentu saja ini tidak mutlak, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung kepada kondisi dan kemampuan seseorang dalam belajar.

  • 8 Jurus Memulai Trading
    Oleh Lukman Hqeem  |  19/01/2022 17.35

    jika investor dapat memprediksi kapan pasar akan naik dan turun, mereka dapat melakukan perdagangan untuk mengubah pergerakan pasar itu menjadi keuntungan.

  • Membangun Mindset Seorang Trader Pro
    Oleh Lukman Hqeem  |  18/01/2022 13.34

    Ada sejumlah prinsip dari trader professional ini yang dapat menjadi pedoman bahkan oleh pialang ritel sekalipun dengan ukuran akun yang tidak signifikan.

  • Pola Cup & Handle (6)
    Oleh Lukman Hqeem  |  10/01/2022 19.10

    Pola Cup & Handle (Cangkir dan Gagang, CH) merupakan indikator teknis yang bentuknya menyerupai cangkir dengan pegangannya.

  • Dampak Naiknya Minyak, Harga Makanan Siap Meroket
    Oleh Lukman Hqeem  |  28/10/2021 09.40

    Potensi dampak lanjutan dari kenaikan harga bahan bakar akan dirasakan oleh industri lain. Sebagaimana diketahui, bahwa harga minyak terus naik ke titik tertinggi sepanjang masa.

  • Pola Double Bottom (4)
    Oleh Lukman Hqeem  |  25/10/2021 11.34

    Dengan pola ini, diharapkan selanjutnya pasar akab bergerak bullish. Sebuah tren inversif sebagai akibat dari tren turun yang diikuti oleh rentang perdagangan

  • Pola Double Top (3)
    Oleh Lukman Hqeem  |  22/10/2021 16.17

    Double top adalah salah satu pola grafik yang digunakan para pialang untuk menyoroti terjadinya pembalikan tren.

Tampilkan artikel lainnya

Sentimen

Back

Login  Market Insight Account

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada nasabah kami, termasuk Studi Teknis & Sentimen

Lupa kata sandi ?


Apakah Anda tidak memiliki akun Market Insight? Dengan beberapa langkah mudah, Anda dapat dengan mudah mendaftar

Buat Akun Market Insight

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada pelanggan kami termasuk Studi Teknis kami & Sentimen untuk akun Anda.

register_ty

Terima kasih

Selamat Datang Di Market Insight family!

Anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran.
Kami akan mengirimi Anda email untuk memberi Anda
instruksi dan Syarat dan Ketentuan kami!
Perwakilan akun kami akan menghubungi Anda sebagai
secepatnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut
jangan ragu untuk mengirimkan email kepada kami melalui info@marketinsight.com

uyari

Peringatan!

Silahkan Hubungi Customer Respentative anda untuk mengaktifkan