Content Creator

Total Konten 15

Artikel 15

Membangun Mindset Seorang Trader Pro

Oleh Lukman Hqeem  |  18/01/2022 13.34

Sebagian besar trader profesional akan menggabungkan berbagai analisa dalam melakukan trading, seperti analisis teknis, fundamental, dan price action dan mungkin analisis sentimen atau bahkan aspek psikologis berdasarkan pengalaman yang mereka miliki di masa lalu agar mereka memiliki keunggulan positif di pasar. Kebanyakan dari mereka melakukan transaksi jangka panjang.

Ada sejumlah prinsip dari trader professional ini yang dapat menjadi pedoman bahkan oleh pialang ritel sekalipun dengan ukuran akun yang tidak signifikan.

Perlu dipahami sebelumnya bahwa ada perbedaan besar diantara pialang dengan rata-rata kalah dan rata-rata menang, dan perbedaannya tidak terletak pada cara mereka memilih indikator atau bagaimana mereka mendefinisikan sinyal masuk. Trader profesional dan menang secara konsisten memiliki pola pikir unik yang memungkinkan mereka untuk mengevaluasi dan memahami kinerja mereka pada tingkat yang paling efisien.

Di sisi lain, trader yang kalah secara konsisten memiliki pola pikir yang sama; bagaimana amatir melihat perdagangan harian mereka dan bagaimana mereka menilai kinerja mereka yang jelas berbeda dari para profesional.

Berikut ini sejumlah perbedaan unik antara pemikiran profesional dan amatir dan bagaimana Anda dapat mengadopsi pola pikir pemenang yang berorientasi pada proses.

Trader Amatir

Bagi seorang amatir, pemikiran mereka akan cenderung pada hasil, trading ini hanya tentang uang. Mereka menilai seluruh kinerja hanya berdasarkan satu metrik: uang. Selama mereka memiliki kinerja yang positif, semuanya baik-baik saja. Pedagang amatir memiliki pola pikir biner: jika perdagangan mereka adalah pemenang, mereka percaya bahwa perdagangan mereka baik dan jika mereka merugi, mereka pasti telah melakukan sesuatu yang salah.

Bagi trader yang hanya menilai kemampuan mereka berdasarkan hasil perdagangan mereka, hampir tidak mungkin untuk melepaskan diri dari mentalitas kalah dan menghasilkan uang dalam perdagangan. Jika Anda yakin, setelah perdagangan yang kalah, bahwa perdagangan Anda buruk, bahwa Anda melakukan sesuatu yang salah atau bahwa sistem Anda “tidak berfungsi”, kemungkinan besar Anda akan terus membuat perubahan tentang sistem dan metode perdagangan Anda.

Meskipun sebagian besar pedagang tahu bahwa mereka tidak dapat memenangkan semua perdagangan mereka, para amatir masih mengaitkan kerugian dengan "kelemahan dalam sistem mereka" dan berubah dari metode ke metode dan mengikuti jalur "trial and error". Inilah para pedagang, yang setelah bertahun-tahun, masih terlihat seperti pemula dan masih mencari Holy Grail-nya.

Menjadi Trader Profesional

Para profesional memahami dan, yang lebih penting meyakini bahwa hasil perdagangan tidak berada di tangan mereka. Setelah mereka melakukan tugas mereka, membuat rencana perdagangan, meneliti ide perdagangan mereka dan menunggu dengan sabar untuk berbagai sinyal untuk menyelaraskan, mereka tahu bahwa tidak ada lagi yang dapat mereka lakukan dan bahwa, setelah memasuki perdagangan, mereka harus menerima dan siap dengan hasil yang acak.

Para profesional tahu bahwa dalam jangka panjang, mereka akan unggul jika mereka mengikuti prinsip dan aturan mereka dan bahwa, dalam jangka pendek, apa pun bisa terjadi. Oleh karena itu, mereka tidak melihat kerugian sebagai sesuatu yang buruk atau sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Selama mereka tidak melakukan kesalahan, pedagang profesional tidak melihat perbedaan antara perdagangan yang kalah dan yang menang.

Pemikiran mereka berorientasi pada proses, sebagai sebuah kemampuan untuk trading dan bertindak sepenuhnya terlepas dari hasil; profesional hanya mengevaluasi tindakan dan perilaku mereka berdasarkan seberapa baik mereka telah mengeksekusi perdagangan mereka.

Karakteristik Trader Pro

Ada konsep dan karakteristik tertentu yang dijalani oleh trader professional, memungkinkan mereka berdagang tanpa tekanan emosional dan hampir sepenuhnya terlepas dari pengaruh psikologis:

  • Keunggulan saya akan membuat saya unggul dalam jangka panjang
  • Dalam jangka pendek, kerugian dapat terjadi dan merupakan hal yang wajar. Saya percaya pada keunggulan saya dan tidak mengubah sistem saya
  • Satu-satunya pekerjaan saya sebagai pedagang adalah mengikuti prinsip saya, tidak melanggar aturan perdagangan saya dan menjalankan perdagangan saya dengan sempurna
  • Hasil perdagangan tidak ada di tangan saya. Saya tidak dalam bisnis memprediksi
  • Saya tidak terlalu tertekan saat merugi (Loss) dan tidak terlalu gembira saat memenangkan perdagangan (Profit).

Amati proses berpikir Anda dan analisis keputusan Anda

Kebijaksanaan hanya bernilai jika diikuti dengan tindakan. Untuk meningkatkan cara Anda mendekati perdagangan dan melihat kinerja Anda, Anda harus secara aktif memantau diri sendiri. Perhatikan baik-baik bagaimana Anda bereaksi terhadap loss dan profit. Apakah loss membuat Anda ingin mengubah sesuatu? Apakah Anda selalu mencari alasan mengapa perdagangan mungkin gagal? Dan apakah Anda terlalu bersemangat untuk memenangkan perdagangan, meskipun Anda melanggar aturan Anda?

Kesadaran hanyalah langkah pertama. Setelah Anda mengidentifikasi kekurangan dalam proses berpikir Anda, Anda harus memperbaikinya. Melacak kinerja Anda dan, yang lebih penting, bagaimana perdagangan Anda terjadi sangat penting untuk peningkatan masa depan sebagai trader. Anda harus menjauhi sistem trial and error dan mulai menilai kinerja Anda berdasarkan tindakan Anda, bukan hanya dengan P&L Anda. Uang akan mengikuti setelah Anda melupakan pola pikir selayaknya amatiran.

Share

Opini Lain Penulis & Analisis

  • Perdagangan Komoditi, Peluang dan Tantangan
    Oleh Lukman Hqeem  |  28/03/2022 11.22

    Komoditas seperti bijih besi, minyak mentah, dan logam mulia adalah bahan mentah yang menggerakkan ekonomi global. Mereka menawarkan peluang unik bagi investor untuk mendapat untung

  • Pola Wedge (7)
    Oleh Lukman Hqeem  |  01/02/2022 14.48

    Pola grafik wedge merupakan salah satu pola grafik yang sangat populer di kalangan para trader. Hal ini karena polanya mudah diidentifikasi, dan memiliki proyeksi harga yang mudah terwujud.

  • Trading Sebagai Pekerjaan Sampingan
    Oleh Lukman Hqeem  |  31/01/2022 09.31

    Belajar soal trading biasanya memerlukan beberapa tahun. Tentu saja ini tidak mutlak, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung kepada kondisi dan kemampuan seseorang dalam belajar.

  • 8 Jurus Memulai Trading
    Oleh Lukman Hqeem  |  19/01/2022 17.35

    jika investor dapat memprediksi kapan pasar akan naik dan turun, mereka dapat melakukan perdagangan untuk mengubah pergerakan pasar itu menjadi keuntungan.

  • Pola Cup & Handle (6)
    Oleh Lukman Hqeem  |  10/01/2022 19.10

    Pola Cup & Handle (Cangkir dan Gagang, CH) merupakan indikator teknis yang bentuknya menyerupai cangkir dengan pegangannya.

  • Pola Rounding Buttom (5)
    Oleh Lukman Hqeem  |  01/11/2021 17.55

    Dasar pola grafik Rounding Buttom diidentifikasi oleh serangkaian pergerakan harga yang secara grafis membentuk bentuk "U".

  • Dampak Naiknya Minyak, Harga Makanan Siap Meroket
    Oleh Lukman Hqeem  |  28/10/2021 09.40

    Potensi dampak lanjutan dari kenaikan harga bahan bakar akan dirasakan oleh industri lain. Sebagaimana diketahui, bahwa harga minyak terus naik ke titik tertinggi sepanjang masa.

  • Pola Double Bottom (4)
    Oleh Lukman Hqeem  |  25/10/2021 11.34

    Dengan pola ini, diharapkan selanjutnya pasar akab bergerak bullish. Sebuah tren inversif sebagai akibat dari tren turun yang diikuti oleh rentang perdagangan

  • Pola Double Top (3)
    Oleh Lukman Hqeem  |  22/10/2021 16.17

    Double top adalah salah satu pola grafik yang digunakan para pialang untuk menyoroti terjadinya pembalikan tren.

Tampilkan artikel lainnya

Sentimen

Back

Login  Market Insight Account

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada nasabah kami, termasuk Studi Teknis & Sentimen

Lupa kata sandi ?


Apakah Anda tidak memiliki akun Market Insight? Dengan beberapa langkah mudah, Anda dapat dengan mudah mendaftar

Buat Akun Market Insight

Akun Market Insight Anda memberi Anda akses ke tools yang kami tawarkan kepada pelanggan kami termasuk Studi Teknis kami & Sentimen untuk akun Anda.

register_ty

Terima kasih

Selamat Datang Di Market Insight family!

Anda telah berhasil menyelesaikan pendaftaran.
Kami akan mengirimi Anda email untuk memberi Anda
instruksi dan Syarat dan Ketentuan kami!
Perwakilan akun kami akan menghubungi Anda sebagai
secepatnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut
jangan ragu untuk mengirimkan email kepada kami melalui info@marketinsight.com

uyari

Peringatan!

Silahkan Hubungi Customer Respentative anda untuk mengaktifkan